“Balada Pengangguran 1” Awali Project Solo Yamman Kuning

Berawal dari kebiasaan Yamman di masa kecilnya yaitu suka menulis, menjadi salah satu trigger untuk memberanikan diri terjun ke dunia tarik suara. Kebiasaan menulis berlanjut di bangku sekolah menengah pertama, Yamman mulai mencoba menulis lirik dan mulai mencoba bermusik bersama kawannya.

Sebenernya dunia entertainment bukan suatu hal yang baru bagi Yamman, sejak 2009 Yamman sudah tergabung dalam salah satu grup Jamaican Sound, Bravesboy. Dan selama 14 tahun di Bravesboy Yamman bertindak sebagai pembetot bass. Lika-liku di atas panggung sudah dilaluinya, pahit manis getir selama 14 tahun tak perlu diceritakan lagi pasti selalu menyertai.

Yamman Kuning, menjadi project solonya setelah resmi merilis single berjudul “Balada Pengangguran 1”. Single ini lahir setelah Yamman melihat realita yang ada di kanan kirinya, dan setiap orang pasti pernah berada pada fase ini. Berbekal kecintaanya pada dunia tulis menulis Yamman akhirnya menuangkan apa yang dia alami dan dia lihat ke dalam bentuk lirik lagu. Debut singlenya dikerjakan tidak sendiri, Yamman dibantu oleh Nicho Reniro (Musik director), Nanda Bogel (Mixing & Mastering), Obig (Guitar), Berri (Pianika) dan Ronie Blues (Keyboard).

Ada “Balada Pengangguran 1” berarti ada “Balada Pengangguran” yang selanjutnya? Yamman mengamini hal tersebut, sebelum nantinya Yamman akan merilis album, dia ingin merilis trilogi tentang “Balada Pengangguran” tersebut. Yamman membocorkan puncak dari trilogi nanti akan bercerita tentang mensyukuri apapun dan seberapapun rejeki yang diperoleh.

Pembawaan musik Yamman dalam project ini bisa dikatakan condong ke Pop, namun Yamman juga tidak akan terpaku dalam satu genre saja. “Nanti puncaknya, aku akan merilis album yang kira-kira akan berisi 8 sampai 9 lagu. Dan tidak hanya Pop yang akan aku bawakan, aku juga akan membawakan laguku dengan sentuhan EDM (electronic dance music)”, ungkap Yamman.

Setelah merilis “Balada Pengangguran 1” Yamman berharap semoga pendengar sedikit banyak mendapat motivasi dalam menghadapi fase pengangguran. Yamman menegaskan, hal ini bukan berarti untuk menggurui, namun memang realita yang terjadi dalam kehidupan seperti itu.

Tak hanya merilis debut single-nya, Yamman kali ini juga merilis video lirik tembang “Balada Pengangguran 1” di kanal youtube-nya. Video lirik ini dikerjakan oleh Dino Bazkara, meski masih duduk di sekolah menengah atas Yamman melihat ada potensi untuk berkolaborasi dengan Dino. Video lirik ini dikemas secara sederhana dengan latar halte bus yang masih tersisa di sudut kota Jogja dan sudah dapat dinikmati sejak 24 Maret 2023 lalu.

Yamman mengaku dalam project solonya ini banyak belajar banyak hal, perihal olah suara yang di pandu langsung oleh Nicho Reniro, lalu bagaimana membranding diri sendiri yang dulu sama sekali tidak dilakukan oleh Yamman. Ada hal unik juga dalam pembuatan artwork dalam project solonya ini, Yamman mengajak istri tercintanya untuk mengilustrasikan lagu tersebut dan menjadi artwork dalam tembang “Balada Pengangguran 1”.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *